Pertumbuhan dan Perkembangan – IPA

                 

Pertumbuhan saya dari mulai umur satu mingggu hingga 1 tahun. Pada saat saya berumur 1 minggu saya belum bisa berbuat apa –apa, msih berada dalam gendongan mama saya.

I.            Dari umur 1 bulan hingga 3 bulan yang saya lakukan adaah :

ü  Belajar berguling-guling

ü  Telungkup sambil mengangkat kepala

ü  Nonton tv sambil tertawa-tawa sendiri (biasanya karena nonton tom and jerry)

ü  Sudah mulai merespon apa yang saya lihat.

II.            Dari umur 3 bulan hingga 5 bulan, inilah yang saya lakukan :

ü  belajar menyuap makanan sendiri,

ü  selalu menggapai barang atau makanan yang berada di tangan seseorang,

ü  suka mendengarkan cerita yang dibacakan oleh mama dan papa saya,

ü  sudah bisa merespon apa yang saya dengar.

III.            Dari umur 6 bulan hingga 8 bulan, saya sudah bisa :

ü  merangkak dengan kencang untuk mengejar sesuatu atau mengejar seseorang

ü   belajar duduk

ü  belajar berdiri dan belajar berjalan sambil berpegangan di dinding atau apa saja yang ada di dekat saya.

IV.            Dari umur 9 bulan sampai 11 bulan, saya sudah mulai lasak di dalam box bayi saya, sampai-sampai pernah terjatuh dari box bayi dan pernah juga jatuh dari tempat tidur. Terkadang saya tidur sambil mengangkat kaki seolah-olah seperti orang dewasa, suka membuka buku sendiri dan ngomong-ngomong sendiri soelah-olah sedang membaca buku yang saya pegang, mulai berjalan cepat, sudah bisa duduk, sudah mulai belajar berbicara, sudah mulai lupa dengan merangkak.

       

I.            Pertumbuhan saya dari umur 1 tahun sampai 3 tahun. Inilah yang saya lakukan :

ü  Sudah bisa berjalan dengan lancar

ü  Sudah bisa berbicara tapi belum jelas (3 tahun belajar bilang ‘R’)

ü  Suka memanjat box atau apapun yang bisa dipanjat

ü  Suka bertanya tentang apa yang dilihat (respon pengelihatan)

ü  Pengenalan huruf, nama-nama hewan, tumbuhan, dan barang-barang di sekitar saya.

   

I.            Pertumbuhan saya dari umur 4 tahun hingga 6 tahun. Inilah yang sudah saya lakukan :

ü  Sudah lancar berbicara dan mengucapkan huruf ‘R’

ü  Sudah dapat berjalan dengan cepat

ü  Berlatih agar berlari dengan kencang

ü  Sudah mulai sekolah

ü  Sudah mulai membaca

ü  Lebih lancar memanjat

ü  Sudah bisa mengikuti beragam kegiatan sekolah maupun rumah

   

I.            Pertumbuhan saya dari umur 7 tahun hingga 9 tahun. Ini lah yang terjadi pada saya :

ü  Saya sudah bisa bergaul sama teman – teman saya

ü  Mulai bisa berfikir cepat

ü  Dapat memilih mana teman yang cocok sama saya

ü  Sedang belajar mengendarai sepeda motor

ü  Sudah mulai bisa berlari dengan kencang

ü  Sudah mahir memanjat

ü  Belajar memasak

           

I.            Pertumbuhan  diri saya dari umur 10 tahun sampai dengan sekarang (13 tahun). Inilah yang terjadi pada diri saya :

ü  Saya mulai berkembang

ü  Sudah bisa berantam

ü  Sudah mampu membantu mama

ü  Sudah mulai bisa memasak sedikit-sedikit

ü  Sudah mahir mengendarai sepeda motor

ü  Sudah dapat berlari dengan kencang

ü  Dapat berfikir lebih cepat

ü  Sudah lebih tau mana yang benar dan mana yang salah

ü  Sudah dapat dipercaya orang tua

ü  Sudah mulai bisa mandiri

ü  Sudah dapat menulis, dan membaca dengan cepat

ü  Sudah berani dalam melakukan segala hal

ü  Sudah memiliki beberapa barng pribadi

Kesimpulan : Pertumbuhan dan perkembangan dimiliki oleh setiap makhluk hidup.

Leave a Reply

